Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

TKJ atau Teknik Komputer Jaringan merupakan jurusan yang cukup populer di dunia Pendidikan Menengah atau SMK. Umumnya, TKJ jurusan yang berhubungan dengan komputer atau PC.
pengertian tkj (teknik komputer dan jaringan)


Pengertian Jurusan TKJ 

TKJ berbeda dengan jurusan RPL. Jurusan TKJ adalah jurusan yang mempelajari tentang merakit komputer dan laptop, belajar sistem operasi, pengenalan dan praktik jaringan dasar, pemrograman web, belajar tentang sistem operasi jaringan dan mengadministrasi komputer server.


Materi-materi Jurusan TKJ

TKJ tidak lepas dengan pelajaran merakit komputer. Dalam merakit komputer diperlukan ilmu dan tidak boleh asal-asalan. Jurusan TKJ membahas tentag komponen penyusun komputer, bagaimana merakit komputer yang baik dan benar, melakukan konfigurasi komponen komputer serta yang terakhir pengujian hasil perakitan.

Setelah dirakit, Jurusan TKJ belajar tentang Sistem Operasi. Setelah siswa merakit, selanjutnya adalah melakukan instalasi Sistem Operasi. Belajar Sistem operasi mencakup perkembangan sistem Operasi, Arsitekturnya, Partisi Hardis, Instalasi Sistem Operasi, sampai dengan memanajemen sistem operasi sehingga dapat digunakan oleh user.

Selain membahas tentang komputer, jurusan TKJ juga membahas tentang Jaringan. Berhasil merakit serta melakukan instalasi sistem operasi, siswa diajarkan tentang membuat jaringan. Siswa belajar tentang macam-macam jaringan komputer, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan macam-macam topologi, belajar TCP, setting IP Addrress, membangun jaringan lokal, dan membangun jaringan server.

Jurusan TKJ juga belajar tentang pemrograman website. Pemrograman website membahas tentang bagaimana website dibuat, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, belajar CSS, belajar PHP dan belajar MySQL.

Lebih dalam lagi jurusan TKJ membahas tentang sistem operasi jaringan, yang dimulai dari menyusun kebutuhan server, merakit server, melakukan instalasi sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasi jaringan server, melakukan backup dan restore server, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, troubleshooting server,dan membuat service-service jaringan seperti DNS server, DHCP server dll.

Itulah beberapa hal yang akan dipelajari dalam Jurusan TKJ.  Semoga memberikan pencerahan, bagi siswa yang berminat mendalami dunia Komputer dan Jaringan.


Peluang Jurusan TKJ

Peluang kerja lulusan TKJ sangat banyak, tinggal bagaimana Anda mencari dan mengambil peluang tersebut. Ketika masih menjadi anak TKJ saja, Anda sudah bisa menghasilkan uang kok. Kan lumayan, masih sekolah tapi sudah menghasilkan uang ya walaupun cuma sedikit tapi lumayan untuk menambah uang jajan. 

Kembali ke topik lulusan TKJ kerja jadi apa? Pekerjaan yang dimiliki seseorang itu tergantung minat dan kemauan. Misal, Anda lulusan TKJ namun suka dengan otomotif juga, dalam hal mencari pekerjaan itu terserah Anda mau pilih yang berhubungan dengan TKJ atau otomotif.

Namun beda lagi ketika Anda ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan TKJ. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja jurusan TKJ:

1. ISP (Internet Service Provider)

  1. Instalasi keamanan jaringan
  2. Instalasi server autentikasi
  3. Administrasi server autentikasi
  4. Mendesain sistem keamanan jaringan
  5. Mengoperasikan keamanan jaringan
  6. Memonitor keamanan jaringan

2. Wireless Networking

  1. Melakukan survei lapangan
  2. Membuat antena
  3. Instalasi jaringan wireless
  4. Mengkonfigurasi peralatan wireless
  5. Mengoperasikan jaringan wireless

3. Network Administrator

  1. Mendiagnosis perangkat yang tersambung dengan WAN
  2. Menganalisa permasalahan koneksi jaringan
  3. Memperbaiki permasalahan, kerusakan, atau tidak bekerjanya koneksi dalam jaringan

4. Administrasi Server

  1. Memanage server
  2. Memanage bandwith
  3. Memonitor server
  4. Memanage traffic

5. Computer Integrator

  1. Merakit komputer
  2. Melakukan perbaikan komputer
  3. Inslatasi sistem operasi (GUI maupun CLI)

6. Linux Administrator

  1. Instalasi sistem operasi Linux
  2. Melakukan maintenance sistem operasi Linux
  3. Melakukan virtualisasi

7. Network Integrator

  1. Merancang bangun dan menganalisa WAN
  2. Melakukan instalasi perangkat jaringan WAN
  3. Memasang jaringan lokal
  4. Menginstalasi sistem operasi jaringan
  5. Instalasi web server
  6. Instalasi database server
  7. Instalasi network server

8. Web Administrator

  1. Konfigurasi web
  2. Perawatan web
  3. Memonitor jaringan
  4. Memonitor traffic
  5. Memonitor keamanan web

Nah, itulah artikel tentang pengertian TKJ dan peluang kerja TKJ. Sebenarnya untuk peluang kerja masih banyak sekali, tinggal bagaimana kita mencari berbagai peluang pekerjaan yang tersebar banyak di berbagai tempat. 
Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Facebook CommentsShowHide

16 komentar

kalo untuk TKJ itu ada web designer gak sih gan ?

Balas

owh jadi gini penjelasan tentang tkj
makasih infonya gan

Balas

Teknik Komputer Jaringan, dulu jadi pilihan jurusan yang utama dan di idam-idamkan. Sekarang malah masuk jurusan elektro saya. Tapi gapapalah

Balas

di TKJ juga diajarkan web designer, selain itu juga belajar mendesign logo mau pun gambar.

Balas

Semoga bermanfaat mas.

Balas

Setiap jurusan punya keahliannya masing-masing kok, yang penting tetap tekun, konsisten dan ulet. Pasti sukses

Balas

jurusan saya animasi . tapi juga pengen belajar TKJ :d

Balas

TKJ dari dasar kalau dah punya sertifikat enak tuh bisa lamar-lamar kerja diperusahaan bonafid gan, karena mengikuti perkembangan teknologi jaringan.

Balas

tapi saya lebih suka IT daripada TKJ, karena saya hobi bikin bikin program, website, desain, dll.

Balas

wah mantap informasinya, saya jadi tau jurusan tkj, kirain teknik komputer dan jembatan

Balas

Jurusan yang sempat jadi cita-cita tapi gak kesampean karena situasi yang kurang mendukung.

Balas

Iya bener peluang kerja banyak. Tapi yanh di cari lulusan s1 hahah

Balas

TKJ sama RPL tuh beda ternyata

Balas

betul banget gan. saya juga luluan TKJ

Balas

paling males kalo udah pelajaran instal linux.. harus berkecimpung dengan code code. hahah hidup anak tkj

Balas

Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!