6 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Otak

Seberapa sering anda berpikir tentang otak anda? Apakah anda sering mengagumi kekuatannya yang luar biasa?
Jika anda seperti kebanyakan orang, maka jawabannya adalah “tidak”.
Fakta yang mencengangkan adalah kita hanya menggunakan 10% dari kapasitas otak kita, namun ironisnya jarang dari kita berpikir untuk berinvestasi meningkatkan kemampuan otak kita. Untuk waktu yang lama, para ilmuwan percaya bahwa kita telah terjebak dengan kemampuan otak kita sejak lahir. Untungnya, hipotesa tersebut telah ditinggalkan!
Saat ini ada yang disebut neuroplastisitas – sebuah teori baru yang telah membuktikan salah satu fakta yang sangat luar biasa: Otak kita dapat diubah.
Ini berarti bahwa jika anda tidak cerdas dalam satu area – itu tidak menjadi masalah! Anda memiliki pilihan untuk ‘mengubah’ area tersebut di otak anda melalui sedikit pelatihan.
6 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak anda layaknya otot. Anda hanya perlu melatihnya secara teratur.
Hal yang menarik adalah anda tidak perlu menjadi seorang jutawan untuk meningkatkan kapasitas otak anda. Yang perlu anda lakukan adalah menginvestasikan sedikit waktu untuk secara teratur melatih otak anda.
Jadi apa yang dapat anda lakukan?
Berikut adalah 6 cara sederhana yang dapat meningkatkan kekuatan otak anda, sekaligus kecerdasan anda!

1. Lakukan sesuatu yang baru

Ketika anda melakukan sesuatu yang ‘baru’, anda akan ‘merangsang’ otak anda! Jangan terjebak dengan melakukan hal-hal lama yang sama – satu-satunya cara untuk mengubah struktur otak anda adalah melakukan sesuatu yang baru. Hal ini akan menciptakan jalur saraf baru dan pada akhirnya meningkatkan kecerdasan anda. Anda bisa mengambil rute baru untuk bekerja, mencoba resep baru untuk makan malam, atau bahkan metode latihan yang baru.

2. Berolahraga secara teratur

Sudah terbukti bahwa olahraga teratur membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan neurogenesis. Ini berarti bahwa setiap kali andab erolahraga anda membuat sel-sel otak baru! Bangkitlah dari sofa dan bergeraklah! Otak anda akan berterima kasih untuk itu

3. Membaca buku

Membaca akan mengurangi ketegangan dan stres (pembunuh sel otak). Penelitian juga telah menunjukkan bahwa menggunakan imajinasi anda adalah cara yang bagus untuk melatih otak karena anda memaksa pikiran anda untuk ‘menggambar’ apa yang anda bayangkan. Membaca adalah cara yang bagus untuk memicu imajinasi anda!

4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Dibanding menerima segala sesuatu apa adanya, mulailah membiasakan diri untuk mempertanyakan hal-hal / barang yang anda temui atau dapatkan. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mempertanyakan segala sesuatu, anda memaksa otak anda untuk berinovasi dan menciptakan ide-ide baru. Karena rasa ingin tahulah maka hal-hal super penting seperti listrik dan komputer diketemukan.

5. Berpikir positif

Stres dan kecemasan akan membunuh neuron otak yang ada dan juga menghentikan pembentukan neuron baru. Penelitian telah menunjukkan bahwa berpikir positif, terutama dalam waktu tegang, akan mempercepat pembentukan sel dan secara dramatis mengurangi stres dan kecemasan. Usahakanlah dengan sungguh-sungguh untuk mengganti pikiran negatif anda dengan pikiran yang positif.

6. Cukup tidur

Tidur laksana detoks mini untuk otak. Tidur adalah saatnya tubuh anda meregenerasi sel-sel dan menghilangkan semua racun yang telah ditimbun selama 1 hari. Berangkatlah tidur antara jam 21:00 sampai jam 24.00 untuk mendapatkan keuntungan dari waktu tidur paling efektif!
Semoga dapat membantu, keep your self.

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "6 Cara Sederhana Meningkatkan Kemampuan Otak"

  1. mkasih gan ,,, postingan 6-cara-sederhana-meningkatkan-kemampuan-otak , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih telah berkunjung yah mas Andika, sekarang lagi proses kunbal :D

      Hapus
  2. maaf mau tanya kalau kita mengalami banyak masalah dalam pikiranapa itu bisa menurunkan kecerdasn otak serta kenerjanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika menurunkan kecerdasan sih menurut saya tidak tapi kalau kinerjanya sih jelas terganggu

      Hapus
  3. Balasan
    1. Yah, terlebih lagi jika game bergenre strategi..

      Hapus
  4. gimana ini kalau sya mesti kurang tirud
    gak bisa optimal kerja otaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang punya kapasitasnya masing-masing mas, gak harus tidur 7 jam atau 8jam ko ansal mas merasa cukup tidur.

      Hapus
  5. Cara bgini saja udh bsa mningkatkan otak kita :D keren ya pdhal cuma sderhana, coba dlu deh

    BalasHapus
  6. iyalah otak jika mencoba hal yang baru seperti kita mengasah pedang, semakin diasah semakin tajam

    BalasHapus
  7. yg nom 6 paling susah, apalgi seorng bloger pcrn nya sama laptop mulu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ada benernya sih mbak, tapi kalo no 6 jarang dilakukan dpt menyebabkan penyakit loh seperti demam atau kepala pusing.

      Hapus
  8. hidupku monoton, tidur juga susah. tp tetep maksa otak buat terus mikir. Ya gimana lagi,saya percaya otak kalau terus diasah lama-lama juga tajam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup otak kalau terus diasah pasti akan tajam, tapi otak juga memerlukan istirahat. Tidur sejenak juga termasuk mengistirahatkan otak.

      Hapus
  9. berarti klo pengen meningktkan kinerja otak harus cukup tidur juga yah mas?? wah gawat, ane tidurnya tiap hari cuma brpa jam doang, gimana mau ningkat kinerja otak ane mas,
    tpi bagus, bisa ane coba yang 5 lainnya,
    makasih infonya yah mas admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap sama-sama mas, semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. wah ternyata caranya sangatlah mudah ya, thx gan udah berbagi infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  11. Simple mas infonya, saya sendiri masih sulit berfikir positif, Benar mas ketika berfikir positif otomatis kita memotivasi diri untuk mengeluarkan segala potensi yang ada. Karena Mental kita cenderung lebih mendukung.

    BalasHapus
  12. makasih yaa gan , cuman yang gak saya lakuin itu "cukup tidur" kan ane blogger jadi harus bergadang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua blogger mengeluhkan "cukup tidur" tsbt, saya sendiri juga termasuk. Hehe

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!