Manfaat Penggunaan Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite(TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). [Wikipedia]

Satu hal yang menarik, di internet tidak mengetahui batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau factor lain yang umumnya bisa menghalangi pertukaran pikiran antar yang lain. Internet yaitu satu komunikasi dunia yang karakternya amat demokratis dan mempunyai kode etik yang dihormati seluruh anggotanya.
Manfaat Penggunaan Internet
Manfaat internet terlebih didapatkan melewati hubungan kerja antar pribadi atau grup tanpa mengetahui batas jarak, ruang dan waktu. Beberapa manfaat internet yang didapatkan dari pemakaian internet yaitu sebagai berikut :

Manfaat Penggunaan Internet

  • Informasi yang murah, gampang, melimpah, cepat serta aktual. Dengan adanya teknologi yang disebut internet kita dapat dengan mudah, murah serta cepat memperoleh informasi dari beragam penjuru dunia, contohnya berita terkini perihal politik di satu negara, ekonomi, olahraga serta yang lain.
  • Perpustakaan raksasa. Di internet kita bisa dengan gampang melacak beragam literatur atau buku buku elektronik ( e-book ) yang bisa di download dengan gratis. atau bisa juga membeli buku secara online.
  • Media komunikasi. internet adalah media komunikasi yang gampang, murah, serta cepat dibanding dengan telpon atau surat konvensional. tak hanya e-mail atau surel ( surat elektronik ), di internet juga ada media untuk chatting, seminar berbasis situs web ( webminar ) serta video conference ( skype, instant messaging ; yahoo messenger, gtalk, facebook chat dan masih banyak lagi yang lain. )
  • Fasilitas promosi serta publikasi. melewati internet, sebuah perusahaan bisa mempromosikan product produknya dengan lebih lengkap serta murah tanpa terbatas area dan waktu. Apalagi kita juga bisa mempromosikan “menjual diri” dengan kemampuan atau keahlian yang kita punyai ke dunia internasional. Publikasi-publikasi aktivitas juga bisa lebih luas menjangkau sasarannya.
  • Media Bisnis. Telah jadi tren di mana sistem komersial atau jual beli bisa dikerjakan dengan cara online. Istilah kerennya yaitu e-commerce, seluruh transaksi apalagi sistem pembayaran bisa dikerjakan melewati internet. Bahkan bloggeing pun dapat menghasil kan uang, seperti dengan iklan PPC, dan lainnya.
  • Pertukaran Data. Dengan internet kita bisa dengan mudah melakukan sistem pertukaran data yang murah serta cepat, tetapi yang perlu di perhatikan yaitu factor keamanan data tersebut.
  • Mereduksi Biaya Produksi. Tidak sedikit media cetak ataupun elektronik yang mempunyai website online yang sediakan berita berita aktual yang gampang di akses layaknya : detik. com, epikiran-rakyat. com, kompas. com, liputan6. com dan masih banyak situs-situs berita yang lain.
Semoga bermanfaat.

6 Komentar untuk "Manfaat Penggunaan Internet"

  1. pasti juga ada dampak negatingnya dong mas :D , seperti dengan mudah menyebarluasnya web porno :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. *negatif maksud saya hehe :v

      Hapus
    2. betul sekali mas, ada juga dampak negatif internet ini seperti porn

      Hapus
  2. Manfaat internet buat saya, bisa melakukan blogging

    BalasHapus
  3. selamat pagi Eki Januarta,bagus artikelnya.internet juga bisa menghasilkan uang jika digunakan dengan cara yang benar.buka bisnis lebih mudah murah dan luas jangkaunya.terimakasih

    BalasHapus
Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel