Inilah Jenis-Jenis Keyboard yang Jarang Diketahui

    Hai, sudah lama tidak update. Nah kali ini saya akan membahas jenis-jenis keyboard komputer yang jarang diketahui. Biasanya yang paling populer digunakan adalah QWERTY, namun selain jenis tersebut ada pula urutan keyboard lainnya. Penasaran? yuuk coba simak pembahasannya berikut.

Apa itu keyboard? 

    Tentunya para pembaca saat ini sudah tidak asing lagi dengan istilah seperti keyboard. Yap keyboard atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi papan ketik adalah salah satu alat yang kita gunakan dalam keseharian kita seperti mengetik dokumen, mengatur volume, menulis pesan, dan lain sebagainya. 

Menurut Wikipedia sendiri, keyboard adalah

Papan tombol, papan ketik, papan tik, atau papan tuts merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.

Apa saja jenis-jenis keyboard?

Keyboard AZERTY

jenis keyboard - azerty

    AZERTY adalah jenis tata letak khusus untuk karakter alfabet Latin pada pada keyboard komputer. Layout ini dikenal AZERTY berdasarkan dari enam huruf pertama yang muncul pada baris pertama tombol abjad, yaitu A Z E R T Y.

Keyboard QWERTZ

jenis keyboard - qwertz

    Keyboard QWERTZ atau QWERTZU adalah mesin tik dan tata letak keyboard yang banyak digunakan di Eropa Tengah. Nama keyboard ini diambil dari enam huruf pada baris pertama di kiri atas keyboard.

Keyboard Dvorak

jenis keyboard - dvorak

    Dvorak adalah tata letak keyboard untuk bahasa Inggris yang dipatenkan pada tahun 1936 oleh August Dvorak dan saudara ipar-nya, William Dealey sebagai alternatif yang lebih cepat dan lebih ergonomis dibanding layout QWERTY

Keyboard Colemak

jenis keyboard - colemak

    Colemak adalah tata letak keyboard untuk huruf latin-script, dibuat oleh dan dinamai Shai Coleman pada tahun 2006. Layout keyboard ini dirancang untuk membuat pengetikan lebih efisien dan nyaman dengan menempatkan huruf paling sering digunakan.

Keyboard Maltron

jenis keyboard - maltron

    MALTRON keyboard dirancang untuk memungkinkan orang dengan kebutuhan khusus untuk memasukkan data komputer lebih mudah dan cepat dibanding keyboard konvensional. Keyboard ini cocok dengan bentuk tangan dan panjang jari yang berbeda untuk mengurangi gerakan dan ketegangan pada jari.

Keyboard JCUKEN

jenis keyboard - jcuken

    JCUKEN (ЙЦУКЕН, juga dikenal sebagai YCUKEN, YTsUKEN dan JTSUKEN) adalah main layout Cyrillic keyboard untuk bahasa Rusia di komputer dan mesin ketik. Sebelumnya, di Rusia tata letak JIUKEN (ЙІУКЕН) adalah layout utamanya, tetapi digantikan oleh JCUKEN ketika reformasi alfabet Rusia pada tahun 1917 dan menghapus huruf Ѣ, І, Ѵ, dan Ѳ

Keyboard KLOCKENBERG

jenis keyboard - klockenberg

    Keyboard ini memiliki dibuat dengan layout terpisah, tangan kanan menggunakan 1 keyboard dan tangan kiri juga 1 keyboard, tujuannya pembuatannya adalah untuk mengurangi ketegangan otot saat mengetik data di depan komputer.

Keyboard Palantype

jenis keyboard - palantype

    Layout keyboard Palantype terbagi di kedua tangan pengguna, meskipun pada awalnya pengguna akan merasa asing dengan layout ini.

Keyboard Stenotype

jenis keyboard - stenotype

    Kebanyakan keyboard stenotype modern memiliki banyak kesamaan dengan keyboard QWERTY komputer dan mesin tik dari segi bentuk. Sebagian besar berisi mikroprosesor, dan banyak yang memiliki fitur untuk penyesuaian sensitivitas.

Keyboard Alphabetik

jenis keyboard - qwerty

    QWERTY adalah desain keyboard untuk huruf latin-script. Nama QWERTY berasal dari urutan enam tombol pertama di baris huruf kiri atas keyboard, yaitu tombol Q W E R T Y. Desain keyboard didasarkan pada tata letak yang dibuat untuk mesin tik Sholes dan Glidden dan dijual ke E. Remington and Sons pada tahun 1873.

Keyboard Numeric

jenis keyboard - numeric

    Dikenal juga dengan numeric keypad, number pad, numpad, atau ten key, adalah bagian tombol standar yang berisi 17 tombol dari papan ketik komputer standar, biasanya posisinya berada di ujung kanan. Keyboard Numerik memberikan efisiensi untuk memasukkan angka.

Nah sekarang jadi tau kan jenis-jenis keyboard selain yang sering digunakan seperti QWERTY. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar yaa. Sekian artikel kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya. See ya. ^_^ 

Belum ada Komentar untuk "Inilah Jenis-Jenis Keyboard yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar

Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel