Pengertian dan Sejarah Kontes SEO Serta Dampak Buruknya

Kontes SEO adalah perlombaan optimasi mesin pencari bagi para pemilik website untuk memenangkan sebuah kata kunci tertentu yang disediakan oleh penyelenggara kontes untuk tampil di halaman pertama paling atas di mesin pencari terutama Google, serta Yahoo dan Bing.Kata kunci yang diperebutkan biasanya berupa kalimat yang harus digunakan sebagai judul postingan oleh peserta kontes. Atau paling tidak judul postingan harus mengandung unsur kata kunci kontes SEO yang sedang diperebutkan. Para pemenang akan mendapatkan hadiah bervariasi sesuai dengan tingkat juara yang disabetnya.
Tujuan diadakannya kontes SEO biasanya untuk mendongkrak peringkat website milik penyelenggara kontes agar menjadi terkenal sehingga produk mereka bisa terkenal.
Sejarah Kontes SEO
Menurut wikipedia, kontes SEO pertama kali diadakan di Jerman pada 15 oktober 2002 dengan kata kunci “Schnitzelmitkartoffelsalat” dan juga menggunakan bahasa Jerman.
Kontes SEO memiliki aturan-aturan yang dibuat oleh penyelenggara kontes dan waktunya juga ditentukan. Mulai awal hingga akhir berlangsungnya kontes biasanya memakan waktu beberapa bulan. Para peserta biasanya diwajibkan memasang banner atau link aktif beraliran dofollow yang mengarah ke website penyelenggara kontes. Tujuannya adalah untuk mendapatkan backlink yang bisa mendongkrak peringkat website penyelenggara di SERP mesin pencari.
Dampak buruk Kontes SEO
Menurut teknisi Seo Spam Google, Kaspar Szymanski, kontes SEO ini bisa membahayakan website milik para peserta kontes yang berpartisipasi, karena melanggar pedoman webmaster google. Google akan mengambil tindakan manual sambil menunggu algoritmanya beraksi terhadap website yang melanggar pedoman mutu webmaster google yang dilakukan oleh para peserta kontes SEO.
Selain berdampak buruk bagi para peserta kontes, kontes SEO juga memberikan dampak negatif terhadap website milik penyelenggara kontes. Karena dengan masuknya inbond link yang berlebihan dan secara tiba-tiba, maka akan dianggap oleh mesin pencari sebagai “Manual Action” dan akan ditandai sebagai LinkSpam.
Akibatnya, peringkat website milik penyelenggara kontes bukannya naik, tetapi malah turun karena akan terkena penalti oleh Seo Spam Google yang selalu aktif menyoroti akitivitas kontes SEO di Indonesia.

5 Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Kontes SEO Serta Dampak Buruknya"

  1. wah dampaknya ngeri ya mas eky, jadi takut ikutan hehe :D

    BalasHapus
  2. Betul tuh gan, saya sendiri sudah kena dampaknya, blognya saya ditandai sebagai Spam karena kelebihan backlink yang masuk, ditambah lagi blog saya yang masih baru. Thanks sudah share yah gan, Kunjungan baliknya di tunggu !

    BalasHapus
  3. Dampaknya parah sih emang tapi hadiahnya menggiurkan sob :D kalau gagal menang ya artikelnya kontes SEOnya dihapus aja :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tips yang cukup cerdas dari mas Ariq :D

      Hapus
Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel