Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Komputer merupakan sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yang telah di rancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program). Dalam sebuah komputer terdapat dua buah komponen pendukungnya yaitu computer hardware atau perangkat keras jaringan komputer dan Perangkat lunak komputer computer (Software).


Pengertian Perangkat Lunak

Perangakat lunak (Software computeradalah kode program yang telah disusun sedemikian rupa secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan. Pada setiap sistem komputer harus terdapat software karena tanpa software interaksi antara brainware dengan hardware tidak memungkinkan. Fungsi software adalah sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ atau perintah-perintah yang di jalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau di proses oleh perangkat keras. Saya sendiri pun sebenarnya juga tidak terlalau paham dengan apa itu hardware dan software, bahan-bahan artikel ini pun bukan murni hasil karya saya sendiri dan sebagian besar adalah bahan-bahannya saya kutip dari temen-temen blogger.
Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi saat ini telah beredar ribuan perangkat lunak baik yang berlisensi (shareware) maupun gratisan (freeware) dan fungsi utama perangkat lunak terdiri dari 3 macam, diantaranya adalah :

a.) Perangkat lunak pengolah kata
Perangkat lunak pengolah kata (word processor) merupakan suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi semua jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer.

b) Perangkat Lunak Pengolah Angka

Pengertian Perangkat aplikasi pengolah angka adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengolah data berupa angka. Contoh pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

c.) Perangkat lunak Presentasi
Pengertian Perangkat lunak pengolah presentasi adalah aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat file presentasi. Karena fungsinya sebagai alat untuk mengutarakan ide atau gagasan, maka program presentasi harus memiliki tampilan yang menarik. Program presentasi dapat memasukkan objek-objek seperti gambar, video dan suara. Presentasi merupakan suatu kegiatan menyampaikan atau menjelaskan ide-ide dan informasi mengenai apa saja kepada orang lain. Untuk itu, presentasi yang bagus harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut maka akan diperlukan piranti lunak dan piranti keras yang mampu mendukung maksud tersebut.

Masih banyak lagi perangkat lunak yang berada di komputer. 

Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya"

Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel