Keyword, Pengertian dan Fungsinya

Pengertian Keyword adalah kata atau kumpulan beberapa kata yang digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi yang diinginkan. Jika kita tafsirkan dari pengertian keyword (kata kunci) ini berarti suatu susunan suku kata yang diketikkan di mesin pencarian atau juga bisa satu kata saja.
Keyword, Pengertian dan Fungsinya

Sebagai contoh, Seorang pelajar pergi ke warnet, dia mendapat tugas untuk membuat artikel tentang Sastra Puisi, secara otomatis pelajar tersebut mempunyai planning dan mengetahui susunan kata yang akan dijadikan rujukan untuk artikelnya. Dalam tema “Sastra Puisi” terdapat beberapa sub tema yang berkaitan yaitu : Pengertian Puisi, Makna Puisi, Sejarah Puisi, Kategori Puisi, Contoh Puisi, Tokoh Puisi. Sebelum pelajar tersebut membuka browser internet, dalam benaknya sudah terdapat beberapa kata yang ingin dia cari. Setelah pelajar tersebut mengetikannya dalam kotak pencarian Google, Bingatau Yahoo maka pelajar tersebut telah memasukan keyword.

Dari ilustrasi contoh diatas, maka tafsiran dari keyword secara sederhana adalah kata atau susunan kata yang dicari dan diperlukan. Bagaimana apakah anda sudah paham maksud saya? Jika tidak atau belum silahkan baca kembali atau meninggalkan jejak di kolom komentar.

(?) Ada berapa kategori keyword
Keyword, Pengertian dan FungsinyaBerdasarkan beberapa data yang saya pelajari dan pengamatan prilaku netter ada dua kategori keyword yaitu keyword pendek (short tail keyword) dan keyword panjang (Long Tail Keyword). Kedua kategori tersebut bisa saja berhubungan satu sama lain ataupun tidak berhubungan. Namun, jika keduanya termasuk dalam satu frasa maka keduanya akan berhubungan. 

Short Tail Keyword
Short Tail Keyword adalah kata kunci (keyword) yang hanya terdiri dari satu suku kata saja. Contoh kata kunci popular untuk short tail keyword adalah facebook, google, amazon, Wikipedia. Short tail keyword umumnya identik dengan judul atau brand atau produk tertentu. Sebagai contoh, short tail keyword untuk blog saya adalah “blogekyj” yang merupakan brand blog saya. So, fungsi short tail keyword ini adalah sebagai sarana perkenalan weblog/website. Itu menurut hemat saya. 

Long Tail Keyword
Long Tail Keyword adalah kata kunci yang lebih dari dua suku kata bahkan bisa juga menjadi sebuah kalimat. Secara structural long tail keyword ini mendekati kepada suatu kalimat. Contoh “Bagaimana cara membuat blog?” atau bisa juga terdiri dari dua suku kata dengan maksud bertanya contoh “Cara Sukses”. Dalam sebuah weblog/website long tail keyword biasanya terdapat pada deskripsi blog.

Berdasarkan fungsinya, long tail keyword memegang peranan penting dalam SEO, kenapa? Karena secara psikologis prilaku pengguna internet tidak mungkin atau sangat jarang melakukan pencarian dengan kata kunci short tail keyword. Secara logikanya begini, Anda pergi ke suatu tempat yang anda belum mengetahuinya untuk mencari sesuatu, katakanlah sesuatu itu “Makanan”. Nah untuk mencari makanan apakah anda hanya akan mengatakan “makanan”, tidak kan? Pasti anda mengatakan “yang jual makanan disini siapa? Apa ada penjual makanan disini?. Jadi pada intinya fungsi long tail keyword ini adalah bentuk pertanyaan untuk mendapatkan atau mencari informasi yang diperlukan. 

Bagaimanakah pemaparan pengertian dan fungsi keyword diatas, apakah Anda sudah dapat memahami maksudnya?

Demikian sajian ini saya persembahkan, semoga bermanfaat.

11 Komentar untuk "Keyword, Pengertian dan Fungsinya"

  1. sangat bermanfaat ilmu yang diberikan,, memang keyword itu penting sekali dalam blog yah

    BalasHapus
  2. Blog temen ane, artikel nya cuma keyword doang tapi bisa masuk page one google dengan keyword yang relatif singkat :v

    BalasHapus
  3. Masih Mau Belajar Keyword yang disukai google nih gan :D
    kadang kita sibuk bikin Keyword terbaik, tpi ehh malah gak disuka sama om google. jadi gak pageone deh. Makasih Yah Infonya.

    BalasHapus
  4. mantap gan
    terimakasih atas info nya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. terimaksih infonya:http://seo-gans.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. Cara menulis keyword di artikel bagaimana gan? Apa harus ditulis dengan hurup tebal?
    By:CDMchannel

    BalasHapus
  7. sangat membantu pengetahuan penjelasannya.
    so' jangan ragu dan sungkan ya admin, untuk terus berbagi pengetahuan. semoga menjadi berkah.

    BalasHapus
Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel