Cara Cepat dan Mudah Optimasi Seo On Page Pada Blog

1/28/2015
SEO on page atau search engine optimization onpage adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut segala aktivitas yang dilakukan pada komponen-komponen halaman web.
Tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki hal-hal yang termasuk dalam SEO onpage agar mesin pencari lebih mudah menemukan kata kunci utama atau yang paling di tekankan dari artikel yang kita buat.

Cara Cepat dan Mudah Optimasi Seo On page Pada Blog


SEO On Page penting karena dapat mencegah mesin pencari bingung ketika tiba di halaman blog kita. Agar lebih mudah memahaminya, saya akan mencoba mengilustrasikan dengan objek manusia. Anggap saja anda berada di sebuah tempat yang ramai di datangi orang. Semuanya memakai baju yang berbeda-beda dan anda tidak tau mana diantara mereka yang termasuk orang penting dan mana yang tidak. Nah,untuk bisa membedakannya, anda memerlukan sebuah tanda yang membedakan ciri khas individu satu dengan lainnya.



Tanda seperti itulah yang dalam dunia blog disebut dengan atribut. Atribut inilah yang di pakai oleh sistem pada mesin pencari untuk menemukan penekanan pada suatu halaman web dan memilah mana keyword yang di anggap paling penting. Pada dasarnya setiap blog memiliki atributnya sendiri-sendiri,namun kadang tidak di gunakan atau di pakai lantaran tidak tau apa fungsinya. Nah, agar tidak rugi karena mengabaikan atribut,sebelumnya kita harus tau kira-kira apa saja atribut yang ada pada blog.

Paling tidak ada 7 atribut penting yang perlu di ketahui,seperti Title Tag, Meta Description, URL,<h1>,<h2>,<h3>,dan <b> <i>.Jika satu kalimat dalam artikel mengandung atribut Title Tag,Meta Description pastilah kalimat tersebut penting. Sedangkan bila di tambah dengan atribut pendukung <h1>,<h2>,<h3>,dan <b> <i> sudah tentu kalimat tersebut paling penting dalam sebuah artikel dan mendapat penekanan lebih dalam pencarian.

Title tag selalu menggunakan kode <title> </title> dan berada pada bagian <head>. Karena posisinya ada pada tingkatan paling atas, tidak boleh sembarangan di isi dengan keyword, melainkan harus di isi dengan judul artikel dan nama blog. Cara terbaik mengisinya adalah tidak melebihi batasan sebanyak 70 karakter. Meta Description merupakan bagian penting yang menjadi fokus karena akan di rayapi robot google. Panjangnya tidak boleh melebihi 150 kata,tidak mengulang kata lebih dari satu kali dan mengandung kata kunci tertarget. Kemudian untuk urusan URL, akan lebih baik jika melihat susuanannya terlebih dahulu. URL seharusnya berisi domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Skema ini jika di terapkan akan memaksimalkan SEO onpage dalam blog. Lalu masih ada lagi atribut <h1> <h2> dan <h3>.<h1> merupakan bagian judul halaman yang sangat penting dan berisi kata-kata penting.


Oleh karena itu banyak blogger yang berusaha menjadikan <h1> sebagai judul halaman sampai muncul tehnik dynamic heading. Kemudian <h2> yang merupakan judul artikel. Posisinya berada di bawah judul halaman dan meski di tulis sama persis dengan judul halaman, tetap di anggap berbeda .Makanya kita sering melihat artikel yang menuliskan kembali judul artikelnya dengan di cetak tebal/di beri garis bawah.Yang terakhir adalah <h3> atau sub judul artikel. Bagian ini sifatnya hanya pelengkap namun bila di gunakan dengan baik sebagai pendukung, hasilnya akan bisa meningkatkan SEO on page pada blog kita.


Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan

13 komentar

Write komentar
teguh sultan
AUTHOR
28 Januari 2015 21.52 delete

makasih infonya gan, sangat bermanfaat :)

Reply
avatar
Zoomx Satriyo
AUTHOR
28 Januari 2015 21.55 delete

Mantap wajib dicoba nih..ijin praktek kang eky


salam unikajaib.blog

Reply
avatar
dolove igo
AUTHOR
28 Januari 2015 22.03 delete

Makasih mas infonya sngat bermanfaat.

Reply
avatar
28 Januari 2015 22.04 delete

wiihh... bisa buat blog ane jadi jadi pr 1 di google dong gan..heheheheh

Reply
avatar
28 Januari 2015 22.08 delete

thanks infonya ttg cara optimasi seo onpage sob..
sangat bermanfaat untuk bloggers pemula yg ingin serius dalam dunia blogging..

Reply
avatar
Caya Techno
AUTHOR
28 Januari 2015 22.48 delete

Thanks infonya, tapi apa langsung terindex? Atau harus nunggu waktu?

Reply
avatar
Eky Januarta
AUTHOR
28 Januari 2015 22.50 delete

harus nunggu mas beberapa menit, agar semakin cepat terindex baca http://bangeky.blogspot.com/2014/11/cara-cepat-submit-artikel-agar.html

Reply
avatar
wima ogawa
AUTHOR
28 Januari 2015 23.52 delete

kasih contoh artikel yg sudah memaksimalkan h1, h2, h3 dan h4 dong :D

Reply
avatar
29 Januari 2015 02.08 delete

wah, thx gan infonya..
semoga blog ane tambah seo XD

Reply
avatar
KomShare 8™
AUTHOR
29 Januari 2015 02.20 delete

Wah mantaf nih infonya ..
tapi saya masih perlu pencerahan di optimasi seo offpage gan :D

Reply
avatar
Ronald HD
AUTHOR
30 Januari 2015 02.18 delete

Mantav kang, lumayan nambah" ilmu seo :D

Reply
avatar
5 Februari 2015 02.55 delete

Kayaknya blog saya udah gitu :D
nice post bang eky

Reply
avatar

Catatan!
Berkomentar menyertakan link akan saya hapus atau bahkan saya golongkan sebagai "SPAM". Jika ingin menyertakan link, silakan menggunakan Komentar Name/URL yang telah disediakan.

Dilarang keras OOT!!